5 Pilihan Kuliner Khas di Gunungkidul

Gunung Kidul adalah salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung di Jogja. Di sana kamu bisa menemukan beragam pilihan destinasi wisata alam yang sangat seru untuk dikunjungi. Banyak sekali pilihan pantai lengkap dengan resort yang nyaman dan pemandangan yang indah.

Selain itu, di Gunung Kidul juga banyak tersaji keindahan alam tersembunyi yang akan sulit kamu temukan. Tempat ini juga menjadi favorit wisatawan karena ada banyak pilihan kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Intinya, berlibur di Kulon Progo akan menjadi pilihan yang tepat karena semuanya ada di sana dan bisa memberikan pengalaman berlibur yang berkesan.

5 Kuliner Khas dari Gunung Kidul

Wisata kuliner memang selalu seru untuk dilakukan. Apalagi jika kamu sudah jauh-jauh berkunjung ke suatu tempat. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba kuliner khasnya. Kalau kamu berkunjung ke Gunung Kidul maka ini dia 5 kuliner khas yang wajib untuk kamu cicipi :

  1. Walang Goreng

Kuliner yang satu ini memang cukup ekstrim. Walang artinya belalang dan ya, di Kulon Progo kamu bisa menemukan belalang goreng. Walang goreng ini sangat terkenal karena rasanya yang gurih dan renyah. Cocok sekali untuk dijadikan camilan selama kamu di perjalanan menuju ke pantai.

  1. Sego Abang

Sego abang merupakan makanan khas Gunung Kidul yang terbuat dari beras merah dengan metode memasak yang khas. Alat yang digunakan untuk memasak adalah tungku tanah liat dan kayu bakar. Beras merah dikukus dengan anyaman bambu kemudian setelah matang disajikan dengan sayur berkuah santan.

  1. Tiwul

Tiwul juga makanan yang sangat populer di Gunung Kidul. Makanan ini terbuat dari tepung gaplek atau tepung singkong yang sudah dikeringkan. Selain dimakan sebagai camilan, tiwul juga bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Tiwul biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah sehingga ada perpaduan rasa gurih dan manis yang nikmat.

  1. Jangan Lombok Ijo

Jika kamu ingin makan besar di Gunung Kidul maka pastikan kamu mencoba jangan lombok ijo. Jangan lombok ijo merupakan sayur berkuah santan yang di dalamnya terapat kacang panjang, tempe kedelai, dan tentu saja potongan cabai hijau.

  1. Gatot

Gatot adalah makanan khas Gunung Kidul yang terbuat dari singkong yang sudah dikeringkan. Gatot biasanya akan disajikan dengan gula dan taburan garam. Makanan ini banyak dijumpai di pasar tradisional dan kalau kamu berkunjung ke Gunung Kidul maka kamu bisa mendapatkan rasa khas yang nikmat dari Gatot.

Itulah tadi beberapa pilihan kuliner khas Gunung Kidul yang bisa kamu coba. Pastikan kamu menikmati keindahan alam di sana sekaligus merasakan nikmatnya kuliner khas yang tentu akan sulit ditemui di tempat lain. Mencicipi makanan khas Gunung Kidul langsung di tempatnya akan membuat liburanmu menjadi lebih berkesan. Selamat berlibur!

Related Stories

Discover

Kenapa Bisnis Perlu Jasa Konsultan HR? Ini Penjelasannya

Jasa konsultasi HR adalah layanan yang ditawarkan oleh seorang atau sebuah perusahaan yang bergerak...

Tips Jual Beli Emas Antam untuk Pemula

Investasi emas selalu menjadi topik populer di semua lapisan masyarakat sejak dulu. Logam mulia...

Penyebab Munculnya Rayap di Sekitar Rumah

Munculnya rayap dapat mengganggu dan merusak struktur kayu rumah. Kayu menjadi keropos dan tidak...

Tips Memilih Jasa Interior untuk Mempercantik Rumah

Rumah merupakan tempat paling nyaman yang bisa digunakan untuk mengatur pikiran serta memulihkan tenaga...

Persiapan Sebelum Menjalankan Ibadah Umroh

Bagi umat muslim, ibadah umroh atau biasa juga disebut sebagai haji kecil merupakan salah...

Kulit Wajah Idaman: Cerah, Halus, Lembap dan Glowing

Siapa yang menginginkan kulit wajah yang cerah, halus dan lembap? Yang pengen punya kulit...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here