Cara Mengatur Jaringan Wi-Fi Rumah

Cara Mengatur Jaringan Wi-Fi Rumah – Jika perute nirkabel dan perangkat lain mampu melakukan Wi-Fi Protected Setup (WPS), Anda dapat menghubungkan dan mengonfigurasi perangkat ini dengan menekan satu tombol. Namun, mengatur WPS di router adalah risiko keamanan, jadi kami sarankan untuk menonaktifkan WPS .

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jangkauan Jaringan Wi-Fi router Anda, disarankan agar router ditempatkan di lokasi yang biasanya Anda gunakan sebagian besar waktu. Namun ini adalah aturan umum dan Anda mungkin ingin cakupan di seluruh rumah Anda, ini kemungkinan besar dapat dicapai dengan router standar di properti dua naik dua turun. 

Jika Anda memiliki properti yang lebih besar dengan dinding tebal atau insulasi belakang yang digagalkan, Anda mungkin memerlukan peralatan tambahan untuk memperpanjang dan meningkatkan sinyal nirkabel di sekitar rumah Anda. Dan untuk itu Anda bisa kunjungi Skaternet3d untuk info penting lainnya.

Bagaimana Cara Mengatur Jaringan Wifi Rumah?

  1. Temukan Lokasi Terbaik untuk Router Nirkabel. Penempatan yang optimal adalah di lokasi pusat, bebas dari penghalang yang dapat menyebabkan interferensi nirkabel.
  2. Matikan Modemnya. Matikan kabel, serat, atau modem DSL dari penyedia layanan internet Anda sebelum menghubungkan peralatan Anda.
  3. Hubungkan Router ke Modem. Colokkan kabel Ethernet (biasanya disertakan dengan router) ke port WAN router . Kemudian, sambungkan ujung kabel Ethernet lainnya ke modem.
  4. Hubungkan Laptop atau Komputer ke Route. Colokkan salah satu ujung kabel Ethernet lainnya ke port LAN router (port apa pun dapat digunakan) dan ujung kabel Ethernet lainnya ke port Ethernet laptop.
  5. Kabel ini Bersifat Sementara. Anda akan melepas kabel setelah mengatur jaringan.
  6. Nyalakan Modem, Router, dan Komputer. Lebih baik jika Anda menghidupkan perangkat ini dalam urutan yang benar. Nyalakan modemnya dulu. Saat lampu modem menyala semua, hidupkan router. Saat router menyala, hidupkan komputer.
  7. Buka Halaman Web Manajemen untuk Router . Buka browser dan masukkan alamat IP halaman administrasi router . Informasi ini ada di dokumentasi router (biasanya seperti 192.168.1.1). Informasi login juga ada di manual.
  8. Ubah Kata Sandi Administrator Default (dan nama pengguna) untuk Router. Pengaturan ini biasanya ada di halaman administrasi router di tab atau bagian yang disebut Administrasi. Gunakan kata sandi yang kuat yang tidak akan Anda lupakan.
  9. Tambahkan Keamanan WPA2 . Langkah ini penting. Temukan pengaturan ini di bagian keamanan nirkabel di halaman administrasi router. Pilih jenis enkripsi yang akan digunakan dan masukkan frasa sandi minimal delapan karakter. 
  10. WPA2 Secara Signifikan Lebih Aman daripada WEP. Gunakan WPA atau mode campuran WPA/WPA2 dengan adaptor nirkabel lama. WPA3 adalah pilihan lain untuk perangkat keras yang lebih baru, tetapi kompatibilitasnya terbatas.
  11. Ubah Nama Jaringan Nirkabel (SSID) . Untuk memudahkan Anda mengidentifikasi jaringan Anda, pilih nama deskriptif untuk SSID ( Service Set Identifier ) Anda di bagian informasi jaringan nirkabel halaman administrasi router.
  12. Opsional: Ubah Saluran Nirkabel . Jika Anda berada di area dengan jaringan nirkabel lain, minimalkan gangguan dengan mengubah saluran nirkabel perute ke saluran yang tidak digunakan jaringan lain.
  13. Gunakan Aplikasi Penganalisis Wi-Fi di Ponsel Cerdas Anda. Untuk menemukan saluran yang tidak ramai atau gunakan coba-coba (coba saluran 1, 6, atau 11, karena saluran ini tidak tumpang tindih).
  14. Siapkan Adaptor Nirkabel di Komputer . Setelah menyimpan pengaturan konfigurasi router, cabut kabel yang menghubungkan komputer ke router. Kemudian, colokkan adaptor nirkabel kartu USB atau PC ke laptop jika tidak ada adaptor nirkabel yang terpasang atau built-in. 
  15. Hubungkan ke Jaringan Nirkabel Baru . Di komputer dan perangkat berkemampuan nirkabel lainnya, temukan jaringan baru yang Anda siapkan dan sambungkan ke jaringan.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang Jaringan Wi-Fi semoga bermanfaat, terimakasih.

Related Stories

Discover

Cara Membuat Kartu Papan Skor Permainan Baseball

Mari kita simak ulasan artikel berikut ini , Sebagai seorang anak, saya suka menyalakan...

Tertarik Dengan Investasi Obligasi? Ketahui Dahulu Kelebihan Dan Kekurangannya...

Investasi sering dikatakan sebagai salah satu cara untuk meraih tujuan finansial jangka panjang.  Seiring...

Cara Mengatur Jaringan Wi-Fi Rumah

Cara Mengatur Jaringan Wi-Fi Rumah - Jika perute nirkabel dan perangkat lain mampu melakukan...

Kelebihan & Kekurangan Sewa Mobil Lepas Kunci

Bagi Anda yang berencana menggunakan jasa sewa mobil, sangat penting untuk mempertimbangkan apakah ingin...

Stram Cyber Cafe Hadirkan Warnet VVIP dengan RTX3070

Stram Cyber Cafe Hadirkan Warnet VVIP dengan RTX3070 - Stream Cyber Cafe benar-benar mewujudkan...

Kandungan Air Mineral Yang Wajib Anda Ketahui

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa air mineral dan air putih itu sama. Padahal...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here