5 Cara Memaksimalkan Proses Belajar Anak

Anak-anak di usia lima tahun ke atas memiliki pola pikir yang unik. Terkadang, mereka punya cara sendiri dalam memahami hal-hal di sekitarnya tanpa Anda ajarkan. Kebanyakan metode belajar bagi anak adalah mengenalkan hal baru sambil bermain. Iya, untuk itu Anda harus mempersiapkan beberapa barang menarik seperti postcard gambar hewan, kursi dengan warna cerah, beberapa boneka untuk bermain karakter, dan meja belajar anak karakter agar anak-anak lebih nyaman dalam proses pembelajarannya.

Memulai pembelajaran di rumah bagi anak usia 5 tahun ke atas memang harus ekstra hati-hati. Pada usia tersebut, otak anak masih berkembang dan dengan cepat menangkap hal-hal yang baru mereka pelajari. Untuk itu, menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan di rumah akan membuat anak Anda menjadi semangat untuk belajar.

Memaksimalkan Proses Belajar Anak

Sebagai Ibu cerdas, Anda harus mengetahui karakter anak Anda terlebih dulu. Rata-rata Anak pada usia tersebut menyukai hal-hal dengan warna menarik dan karakter-karakter kartun yang biasa muncul di televisi. Maka dari itu, buatlah barang dan alat-alat di sekitar Anak terlihat lebih menarik, seperti buku dengan warna mencolok dan karakter kartun lucu agar menarik perhatian anak. kursi dan meja belajar anak karakter juga bisa Anda gunakan, selain itu barang-barang tersebut juga mudah di temukan di toko maupun toko online.

Guna memaksimalkan proses belajar anak, Anda bisa simak beberapa metode belajar simpel berikut untuk terapkan di rumah.

  • Metode Belajar Menggunakan Postcard

Buatlah postcard dengan gambar buah atau hewan. Jangan lupa warnai dengan warna cerah dan menarik, kemudian ajak anak Anda bermain tebak-tebakan menggunakan postcard tersebut.

  • Story Telling

Belilah beberapa buku cerita, jika bisa, usahakan buku tersebut pilihan anak Anda sendiri. Lalu Anda bisa mulai membacakan cerita untuk anak sembari memperagakan alur cerita yang ada.

  • Metode Menggunakan Lagu

Seringlah ajak anak Anda untuk bernyanyi, ciptakan lirik yang menunjukkan beberapa nama benda, nama hewan, nama buah, atau hal-hal lain yang ingin Anda ajarkan pada anak. Hal ini akan lebih mudah diingat oleh si kecil.

  • Biarkan Anak Berekspresi

Usahakan jangan menciptakan metode belajar yang mengacu pada metode Anda sendiri. Kebanyakan anak kecil ingin melakukan hal yang mereka inginkan tanpa disuruh. Berilah alat-alat seperti pensil warna, kertas, puzzle, atau mainan lainnya agar mereka memilih apa yang mereka ingin lakukan.

  • Ciptakan Ruangan Khusus Untuk Belajar

Seperti yang Anda baca di atas, ruangan khusus untuk belajar sangat penting. Dengan ruangan khusus ini, Anda bisa mendekor alat-alat belajar si kecil sesuai dengan hal-hal yang dia suka. Misalnya dinding dengan wallpaper cerah dan gambar kartun favorit, kursi yang unik, meja belajar anak karakter lucu, karpet yang berwarna-warni, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips sederhana untuk memulai pembelajaran asyik yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ingat, Anda tidak boleh memaksakan metode yang Anda terapkan untuk si kecil jika dia tidak ingin. Izinkanlah dia berekspresi sendiri sesuai keinginannya. Anda cukup tunjukkan apakah hal itu benar atau salah.

Related Stories

Discover

Keajaiban Pantai Ngobaran Dengan Air Tawar dan Area Karang

Seberapa luas pengetahuan anda tentang Gunungkidul? Kabupaten yang terletak di 65 km sebelah tenggara...

5 Cara Memaksimalkan Proses Belajar Anak

Anak-anak di usia lima tahun ke atas memiliki pola pikir yang unik. Terkadang, mereka...

5 Pilihan Tempat Wisata Unggulan di Bantul

Bantul merupakan salah satu kabupaten di Jogja yang banyak dijadikan sebagai tujuan wisata. Kenapa...

5 Rekomendasi Tempat Menginap di Pantai Gunung Kidul

Jogja memiliki banyak destinasi wisata yang selalu berhasil menarik minat banyak wisatawan. Tak heran...

5 Pilihan Kuliner Khas di Gunungkidul

Gunung Kidul adalah salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung di Jogja. Di sana...

5 Spot Wisata Menarik di Gunung Kidul

Gunung Kidul menjadi salah satu tempat yang sangat populer di Jogja. Baik wisatawan lokal...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here